Iding
Blog Universitas Komputer Indonesia

Perbedaan antara Pipa Hitam dan Pipa Galvanis

Perbedaan antara Pipa Hitam dan Pipa Galvanis
Pipa Hitam dan Pipa Galvanis merupakan dua material bahan pipa .Berikut ini penjelesan lengkapnya !
 

Pipa Hitam 

Pipa hitam dapat disebut juga dengan pipa baja, fungsinya digunakan untuk mengalirkan air dan gas dari sumber ke tempat yang dikehendaki.  Jenis pipa ini paling banyak digunakan oleh bangunan industri dan perumahan untuk mengangkut pasokan gas alam atau propana.
 
Pipa ini juga daoat digunakan untuk sistem sprinkler api karena ktehanan nya kuat terhadap panas pipa ini akan digabung dengan proses pengelasan dengan menggunakan kopling mekanis.
 
Material pipa baja ini banyak digunakan untuk saluran gas, material ini juga digaunakan untuk menghubungkan pasokan seperti pada saluran pembuangan , pipa pemanas, gas alam dll.
 

Pipa Galvanis

Pipa Galvanis adalah pipa yang melalui proses galvanisasi. Galvanisasi adalah proses pelapisan material seng ke pipa baja , sehingga pipa lebih tahan terhadap korosi atau karat. Jenis pipa galvanis banyak ditemukan di bangunan rumah , dan dapat bertahan keawetan pipa ini lebih dari 30 tahun.
Namun pipa galvanis tidak dapat digunakan untuk saliran gas dan air panas karena lapisan seng dapat mengelupas dan mengakibatkan tersumbanynya saluran air . Dengan demikain pipa ini tetap dapat diguanakan sperti pipa saluran air, irigasi pertanianm perancah, dan paling baik digunakan untuk kontruksi yang jangka waktu lebih lama hingga 40 tahun.
 
Kedua material ini sangat populer digunakan pada bangunan konstuksi rumah dan industri. Hal yang perlu diperhatikan ialah keutamaan kedua pipa ini yang sesuai dengan spesifikasi proyek atau kebutuhan Anda.
 
Dari Penjelesan di atas kami rangkum perbedaan antara pipa hitam dan pipa galvanis, antara lain :
 
  • Pipa Hitam terbuat dari baja sama seperti pipa galvanis, beda nya pipa galvanis lapisan nya di lapisi seng untuk lebih tahan terhadap korosi.
 
  • Pipa Hitam paling cocok digunakan untuk saluran gas, sementara galvanis tidak disarankan untuk mengalirkan gas . 
 
  • Sedangkan pipa galvanis lebih aman digunakan untuk saluran air sedangkan pipa hitam tidak disarankan karena mudah berkarat.
 
  • Dari segi harga pipa galvanis lebih tinggi dari pipa hitam.
 
Nah itu lah tadi perbedaan fungsi jenis pipa besi hitam dan galvanis, termasuk karakter dan kegunaan nya. Beberapa tips berikut ini dapat Anda jadikan panduan sebelum memesan pipa besi baik lokal maupun importir.
 

PERTAMA PERHATIKAN KEMAMPUAN TAHAN BEBANNYA

 
Anda harus benar memahami kemampuan pipa yang akan dibeli dalam daya tahan beban.
Anda juga bisa mencari informasi mengenai kelenturan dan berat bersih beban yang ditahan di berbagai ketiggian.
 

PERBANDINGAN ANTARA MEREK SATU DENGAN YANG LAIN

 
Satu jenis pipa tidak hanya di produksi oleh satu vendor, ada baiknya anda memiliki referensi mengenai merek-merek terbaik untuk jenis pipa yang sedang Anda cari.  Selain Anda bisa mengecek harga anda juga mengetahui kualitas masing-masing merek.
 

SESUAIKAN DENGAN ANGGARAN

 
Yang utama, anda tetap harus menyesuaikan dengan anggaran yang Anda miliki dapatkan pipa besi dengan kualitas terbaik dengan budget yang tersedia.
 
Silahkan konsultasikan jenis pipa yang Anda butuhkan dengan distributor pipa galvanis dan pipa hitam, tim marketing rajapipa.co.id atau raja-pipa.com
 
Saya rekomendasikan karena mereka telah membantu saya dalam kebutuhan bangunan kontruksi.
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Selasa, 26 April 22 - 16:55 WIB
Dalam Kategori : PIPA HITAM, PIPA GALVANIS
Dibaca sebanyak : 972 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback